opini

MEMBOHONGI DIRI SENDIRI !!!

MEMBOHONGI DIRI SENDIRI !!!

Kita mungkin menjalani sebagian besar kehidupan dengan membohongi diri sendiri. Dan kalau pun ada, jarang kita benar-benar jujur. Tanpa sadar, kita terus-menerus mengubah gagasan, sasaran, dan rencana, hanya untuk mengakomodasi pikiran kita yang terus berkelana.

Kita mungkin tidak menyadari berapa kali selama hidup, kita mencari-cari alasan. Kita tidak memberi kesempatan kepada diri untuk melihat dunia dan kehidupan kita yang sesungguhnya. Mulai dari rencana diet yang akan di mulai hari Senin sampai dengan tugas yang akan kita kerjakan minggu depan. Kita meyakinkan diri sendiri bahwa kali ini akan lain, dalam hati kita berkata saya akan melakukannya besok. Tetapi tidak pernah terjadi.

Baca juga:  Opini: Mungkinkah Terjadi Miltansi Pendukung Zulhelmi?

Kita lebih memilih sukses dalam pikiran daripada mendapat resiko kegagalan dalam dunia nyata. Kita menolak untuk mengakui kehidupan seperti apa adanya dan memproyeksikan pikiran kita ke suatu tempat yang kita pilih untuk hidup—masa yang akan datang. Dalam masa yang akan datang, segala sesuatu akan berbeda, atau begitulah jalan pikiran kita selama ini. Selalu hidup dalam masa yang akan datang berarti kita menyia-nyiakan kehidupan sekarang.

Mengapa kita membohongi diri sendiri?

Jika kita tidak berbohong kepada diri sendiri, maka kita mau tidak mau akan melihat aspek-aspek yang sangat menyakitkan pada diri dan kehidupan kita yang mungkin saja kita tidak siap menerimanya. Pada akhirnya, kita akan keluar mencari-cari dalih sepanjang hidup. Kita selalu menunggu waktu yang sempurna, tetapi waktu tersebut tidak pernah datang.

Baca juga:  Dua Pentolan SMSI Tinjau Huntara di Atas Awan

Ada lelucon tua tentang seseorang yang mencari uang logam di bawah lampu jalan. Ketika orang lewat menanyakan di mana dia menjatuhkan uang itu, orang itu menunjuk ke tempat yang gelap tidak jauh dari situ. Orang lewat itu bertanya kembali, ingin tahu, “Jika Anda menjatuhkan uang itu di sana, kenapa Anda mencarinya di sini?” Orang itu menjawab dengan enteng, “Karena di sini lebih terang.” Seperti orang ini, kita sering menipu diri sendiri dengan membuang-buang waktu dan energi karena kita tidak mau menghadapi kesukaran tertentu dari realitas kita.

Jika Anda terus melakukan sesuatu yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda. Inilah waktunya untuk meninjau ulang pikiran dan tindakan Anda. Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, Anda perlu mengubah apa yang telah dan sedang Anda kerjakan.

Baca juga:  Hiruk-pikuk Omnibus Law

Jangan Lari dan Bersembunyi–Lihat, dan Berbuatlah

Efvy Z “Bukan Siapa-Siapa”

 

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close