HukumNasional

Novel Baswedan Temui Komisi Kejaksaan, Bahas Tuntutan Rendah Penyiram Air Keras

Kerincitime.co.id, Berita Jakarta – Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, diagendakan bertemu dengan Komisi Kejaksaan. Pertemuan itu terkait laporan kepada Komisi Kejaksaan perihal tuntutan rendah kasus penyiraman air keras.

Plt juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan soal undangan Komisi Kejaksaan kepada Novel Baswedan. Novel Baswedan akan memenuhi undangan didampingi tim dari Biro Hukum KPK, pengurus Wadah Pegawai KPK, serta pengacara.

“Undangan tersebut untuk memberikan penjelasan terkait tindak lanjut adanya laporan pengaduan masyarakat terkait penuntutan terhadap terdakwa pelaku penganiayaan terhadap Novel Baswedan,” kata Ali kepada wartawan, Kamis (2/7).

Tuntutan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan memang sempat menuai polemik. Sebab, tuntutan itu dinilai rendah dibanding akibat yang dialami Novel.

Baca juga:  13 WNI yang Beruntung Lolos Haji 2020

Dalam persidangan, jaksa menuntut dua polisi yang menjadi terdakwa penyiraman air keras terhadap Novel dengan penjara selama 1 tahun. Tuntutan terhadap Rahmat Kadir dan Ronny Bugis dinilai rendah karena pasal yang diterapkan jaksa yakni Pasal 353 ayat (2) KUHP yang ancaman maksimalnya 7 tahun penjara.

Selain itu, jaksa juga menjadi sorotan lantaran tidak menerapkan pasal dalam dakwaan primer yakni Pasal 355 ayat (1) KUHP yang ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Jaksa beralasan pasal itu tak terbukti sebab Rahmat Kadir tak bermaksud menyiram mata Novel. Menurut jaksa, terdakwa bermaksud menyiram badan tapi cipratannya terkena mata.

Sementara pengacara kedua terdakwa dalam kesempatan duplik sepakat dengan tuntutan 1 tahun penjara terhadap kliennya. Sebab, mereka menilai kliennya pantas diapresiasi dengan tuntutan rendah lantaran sudah kooperatif dan mengakui perbuatannya.

Baca juga:  Bimtek Penguatan News Room SMSI

Sidang vonis terhadap kedua terdakwa akan dibacakan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 16 Juli 2020. (Irw)

Sumber: Kumparan.com

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close