opini

Sang Mutiara Danau Sipin

Oleh: Musri Nauli

Ditengah kekalutan ekonomi, ditengah pandemik covid yang belum juga usai, Berita atlet Dayung dari Jambi, Mutiara Rahma Putri – sang Mutiara Danau Sipin yang mengikuti olimpiade di Tokyo memberikan angin segar.

Bak memenuhi dahaga diteriknya matahari.

Sebagaimana disampaikan Al Haris, Mutiara Rahma Putri dan Melani lolos Olimpiade Tokyo setelah finish ke 4 di kualifikasi zona Asia/Ocenia yang digelar di Sea Forest Waterway, Jepang awal Mei lalu.

Mutiara Rahma Putri yang dikenal sebagai “Mutiara Danau Sipin” adalah atlet Indonesia yang berhasil tembus masuk ajang paling bergengsi di Olimpiade di Tokyo. Ajang prestasi yang tidak boleh diremehkan. Ajang paling diimpikan atlet-atlet dunia.

Mutiara memang sehari-hari latihan di Danau Sipin. Salah satu Obyek Wisata di belakang kantor Gubernuran. Sehingga sang Mutiara kemudian disebutkan sebagai Sang Mutiara Danau Sipin berasal dari Jambi.

Baca juga:  Lagi-lagi Pandemi

Pada tanggal 8 Juli 2021, Presiden Jokowi melepaskan 28 atlet yang bertanding di Tokyo. Termasuk sang Mutiara Danau Sipin.

Sang Mutiara Danau Sipin termasuk kedalam delapan Cabor yang mengikuti olimpiade di Tokyo. Adapun kedelapan cabor tersebut yaitu atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

Didalam Pidatonya, Jokowi mengungkapkan “Rakyat menaruh harapan besar kepada Saudara-saudara dan prestasi Saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia”.

Makna simbolik kemudian juga Diungkapkan Al Haris. Dengan tangan terkepal, Al Haris mengungkapkan

“Kepada Ananda Mutiara Rahma Putri.

Saya Gubernur Jambi, menyampaikan, Selamat bertanding. Semoga Sukses.

Kibarkan sang Merah Putih di Tokyo. Karena ananda membawa nama Indonesia di Olimpiade di Tokyo.

Baca juga:  Lagi-lagi Pandemi

Mudah-mudahan. Semangat Juang kita. Dengan rasa prihatian luarbiasa. Karena kita dilanda covid.

Insya Allah hasilnya akan membuat kita bahagia Dan bangga Indonesia.

Terima kasih. Semangat terus dan berjuang untuk merah putih.

Walaupun dikandang lawan.

Semoga sukses selalu, Ananda Mutiara.

Sang Mutiara Danau Sipin dilahirkan di Jambi pada tanggal 7 Juli 2004. Bersekolah di SMA Negeri 5 Jambi. Masih kelas XII. Sebelumnya sekolah di SMP 7 Jambi dan SD 47 kota Jambi.

Berbagai prestasi telah diraihnya. Medali emas di Popnas XV Situ Cipule Karawang, Jawa Barat (2019). Sebelumnya Medali Emas Kejurnas Palembang (2018), Medali Perunggu Kejurnas Palembang (2017), Medali Emas dan Perunggu di Sultra (2018), Medai emas dan Perak PPLP Jambi (2019), Medali Emas Kejurnas Jambi (2019).

Baca juga:  Lagi-lagi Pandemi

Sedangkan di tingkat internasional meraih medali Perunggu di Sea Games Philipina (2019), Medali Emas SEARF Junior Thailand.

Dia berpasangan dengan Melani akan turun ke nomor Rowing ganda putri.

Tentu saja semangat yang disampaikan Jokowi dan Al Haris akan membawa kebanggaan tersendiri. Terutama bagi masyarakat Jambi.

Sudah lama, masyarakat Jambi merindukan atlet-atlet yang berprestasi di tingkat nasional. Apalagi internasional.

Kerinduan melihat bendera merah putih berkibar selain mengangkat nama Indonesia di kancah internasional sekaligus juga membawa nama baik Jambi.

Selamat bertanding, ananda Mutiara Rahma Putri. Sang Mutiara Danau Sipin.

Show More
Back to top button
>