Sastrawan Dan Budayawan Alam Kerinci Gagas Diskusi Sastra

budi serahkan cindera mata figura incung kepada Wakil ketua DPRD Kota Sungai Penuh dan ketua DPRD KerinciKerincitime.co.id, Sungai Penuh – Tiga  Sastrawan dan Budayawan Alam Kerinci gagas forum diskusi Sastra Kerinci dan bedah puisi – puisi karya   bengawan  Sastra  Ghazali Burhan Riodja putra alam Kerinci kelahiran Dusun Sungai Penuh Kota Sungai Penuh.

Ketiga orang Sastrawan dan budayawan alam Kerinci  masing masing  H. Liberty, MH (penyair) Martono, S.Pd (penyair dan journalist) dan Budhi VJ Rio Temenggung  Budayawan  Muda Alam Kerinci penerima  PIN emas  dan anugerah Kebudayaan Nasional, Gagasan ketiga sastrawan dan budayawan itu terinspirasi  dengan minimnya geliat sastra di Alam Kerinci.

Dalam diskusi singkat di Villa Liberty  Sungai Ampuh Desa Sungai Ning  Minggu malam 19/1 ketiga sastrawan dan budayawan itu sepakat untuk menggagas  Dialog /Diskusi sastra terutama yang menyangkut sastra lisan yang ada di alam Kerinci sekaligus membedah karya – karya sang pujangga besar alam Kerinci Ghazali Burhan Riodja.

Direncanakan  acara diskusi sastra ini akan di laksanakan  akhir Januari 2014 dengan  mengundang  sastrawan – sastrawan muda, para pemerhati sastra dan sanggar sanggar seni yang ada di setiap lembaga pendidikan perguruan tinggi, sanggar sanggar seni di setiap  sekolah Menengah yang ada di Kota Sungai Penuh.

H.Liberty, MH, penyair yang dekat dengan sosok pujangga Ghazali Burhan Riodja mengungkapkan bahwa   Ghazali Burhan Riodja merupakan tokoh sastrawan dan penyair alam Kerinci pada masanya  dikenal di kawasan Sumatera Tengah termasuk di Sumatera Barat,  Pada era tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an sosok Ghazali Burhan telah melanglang buana dan ia telah menciptakan ratusan puisi, cerpen dan esai, dan sebagian telah dibacakan di RRI Padang dan telah diterbitkan  pada sejumlah media seperti di majalah Horison dan Harian Haluan padang, beliau tercatat sebagai satu satu sastrawan , penyair besar  yang berasal dari Propinsi Jambi.

Budayawan  muda alam Kerinci Budhi VJ Rio Temenggung  menyebutkan saat ini sangat sedikit generasi muda di alam Kerinci terutama kaum pelajar yang mengetahui jejak kepenyairan tokoh sastrawan alam Kerinci Ghazali Burhan Riodja.

Disamping sulit untuk mencari karya karya sastra yang dihasilkan  oleh GBR,minat pemerintah Kota Sungai Penuh dan Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk menerbitkan karya pujangga Ghazali Burhan Riodja sangat minim alias nyaris tidak terdengar, “Dinas Pendidikan  dan Dinas Budparpora di Kota Sungai Penuh termasuk dinas Budparpora Kabupaten Kerinci selama ini terkesan cuek bebek,mereka lebih senang mengurus  pembangunan pisik,sementara pembangunan nilai nilai budaya sangat jauh dari yang diharapkan” kata Budhi Vj Rio Temenggung.

Secara pribadi dan atas nama lembaga bina potesia saya mendesak Walikota Sungai Penuh Prof Dr. H. Asafri Jaya Bakri, MA untuk  mencopot pejabat pejabat kepala SKPD dan Kepala Bidang yang raportnya merah, sebab selama ini upaya pengembangan dunia kebudayaan, Pariwisata dan pendidikan di Kota Sungai Penuh  tidak  menunjukkan perkembangan yang sicnificant. Kedepan kepala SKPD sebaiknya  memakai pejabat yang muda, energik dan tidak asal bapak senang.

Kedepan sudah semestinya  Walikota Sungai Penuh, DPRD Kota Sungai Penuh untuk  membangun pusat pusat pertunjukkan budaya dan taman budaya dan membangun gallery dan musim budaya,apalagi kota sungai penuh merupakan anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang ke 50, Kota Sungai Penuh merupakan satu satunya kota di Propinsi Jambi yang menjadi anggota JKPI, dengan demikian Kota Sungai Penuh hendaknya dapat menjadi Kota yang di gugu dan ditiru oleh kota dan Kabupaten lain di Propinsi Jambi yang mampu menggali dan merawat  Tanggible dan intangible yang ada di Kota Sungai Penuh.(oton)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Berita Terkait By Google News

Apa Komentar Anda Tentang Artikel Ini?

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful