HOT NEWSKerinciPariwisata/Budaya

Tambang Galian C, Objek Wisata Danau Lingkat Terancam

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Objek Wisata Danau Lingkat Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi bisa terancam kelestariannya, jika pengelolaan Penambangan Galian C di kawasan tersebut tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan berlaku.

Danau Lingkat sejak zaman dulu, memang mengandalkan sumber air dari danau untuk kebutuhan air minum warga dan mengaliri areal persawahan.

Danau Lingkat yang tetaknya di ketinggian permukiman Desa Lempur menjadikan ketergantungan masyarakat atas Danau tersebut.

Kekhawatiran akan adanya penambangan galian C yang tidak sesuai dengan aturan yang akan merusak lingkungan di kawasan Danau Lingkat menjadi momok yang menakutkan.

Ironis, lokasi tambang galian C milik Astani ini rentan jadi masalah, lokasi di kawasan Danau Lingkat, selain letak dipinggir jalan raya, pagar lokasi tambang juga tidak ada.

Baca juga:  Festival Panen Raya Program Sekolah Penggerak

Ditambah lagi jika kedalaman penambangannya jauh dibawah permukaan air danau Lingkat, dikhawatirkan danau Lingkat akan merembes.

“Infonya lokasi tambang pak Astani sudah lengkap izinnya, tapi pelaksanaannya sudah sesuai aturan, trus apa boleh penambangan di pinggir jalan raya, dampak abrasi jalan, kecelakaan bagi pengendara, karena bekas sisa material yang tercecer di jalan” ungkap Ega LSM Perisai Kobra. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button