Jambi

Titik Terendah Sungai Batanghari Sore Ini 7,16 Meter

Sungai Batanghari kekeringan. (Hendro S/brito.id)

Kerincitime.co.id, Jambi – Sepanjang musim kemarau hingga kini, beberapa sungai-sungai kecil hingga sungai Batanghari, terus mengalami penyusutan. Tercatat sore ini, ketinggi air sungai Batanghari hanya mencapai 7,16 meter.

Dilansir Brito.id media partner Kerincitime.co.id, Kondisi ini, menurut penjaga pintu air Sungai Batanghari, Syahruddin, merupakan yang terendah, selama musim kemarau tahun ini.

“Sore ini tinggi air sungai cuma 7,16 meter. Ini paling terendah. Karena selamo kemarau ini belum pernah serendah ini,” katanya, saat ditemui di alat pengukur air, Tanggorajo.

Pria yang kerap disapa Wak Udin ini mengatakan, hujan yang sempat turun beberapa hari ini, tidak berdampak besar pada air sungai.

Baca juga:  Perjalanan Betuah (25)

“Kalo itu dak ngaruh. Karena kan hujannyo cuma sebentar. Yang biso buat air tinggi itu pasang, pas air laut naik. Itu baru air sungai Batanghari jugo naik,” katanya.

Meski kering, namun air sungai terlihat lebih jernih, jika dibanding hari-hari biasa beberapa bulan lalu.

“Kalo itu sayo dak tahu jugo. Memang yang jelas sekarang ini air lebih jernih. Dan warga pinggiran sini banyak memanfaatkan untuk mandi mencuci. Mungkin karena aktifitas penambang liar dak ado kalo air kering,” pungkasnya. (Irw)

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
>
Close
Close