Jambi

Walhi Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Serius Atasi Karhutla

Kebakaran Lahan (ist)
Kebakaran Lahan (ist)

Kerincitime.co.id, Berita Jambi – Aktivis lingkungan yang tergabung dalam Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jambi, mengingatkan pemerintah daerah untuk serius mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini mengingat sejumlah wilayah di Provinsi Jambi, hingga hari ini telah muncul titik api dan menyebabkan kabut asap.

“Saya mengapresiasi para petugas yang betugas memadamkan api dilokasi. Tapi saya sangat berharap, agar Pemerintah Daerah serius. Serius dalam arti ada tindakan hukum yang kuat, dan ketegasan kepada perusahaan yang bandel,” kata Rudiansyah, Direktur Walhi Jambi, Senin (13/8) sore dilansir brito.id media partner kerincitime.co.id.

Menurutnya, kebakaran lahan selalu menjadi momok di Jambi, setiap datangnya musim kemarau. Jika tidak serius ditangani, bukan tidak mungkin api semakin meluas dan ancaman musibah kabut asap seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu, kembali terjadi.

Baca juga:  Ikhlas Menerima Pembatalan Keberangkatan Haji

“Kita tahu musibah besar terjadi pada tahun 2015 lalu. Ya kalau tidak serius ditangani dan dicegah dari sekarang, bisa bahaya,” katanya.

Disisi lain, Rudiansyah mengatakan, sesuai instruksi Presiden pada rapat konsilidasi penanganan Karhutla 6 Agustus lalu, seluruh perangkat baik dari instasi kepolisian seperti Kapolda, TNI, Kapolres, Danrem hingga Babinsa, harus bersikap tegas dan adil dalam penanganan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan.

“Dalam instruksi presiden di istana sudah jelas apabila ditemukan api didaerahnya itu akan dimutasikan. Karena instrumen instruksi ini adalah bentuk keseriusan. Dan kami sepakat aja kalau ditemukan yang harus adil, dan jangan ditutup-tutupi,” sebutnya.

“Ya kalau ada kendala dilapangan ya sebutkan saja apa kendalanya. Jangan diam saja,” pungkasnya. (red)

Baca juga:  Jafar Ahmad: Ada 3 Daerah Yang Paling Banyak Laporkan Penyimpangan Bansos

 

Tags
[nug_data_corona data="indonesia" provinsi="Jambi" style="card"]

Related Articles

Back to top button
>

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close