Sekilas Wisata alam Kerinci Sekepal Tanah Dari Surga Oleh: Budhi VJ dan Aditya Maha Putra

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli hingga 3 Agustus 2015 telah berakhir dengan sukses .Pembukaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) ke 14 yang buka Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus,MM dihadiri pejabat kementerian Pariwisata dan dihadiri Komandan Lantamal Teluk Bayur –Padang dan sejumlah tokoh tokoh MPK –Indonesia dan ribuan masyarakat dan wisman dari sejumlah negara sahabat

Untuk mengenal lebih dekat potensi wisata alam yang ada di bumi Alam Kerinci, wartawan media ini Budhi VJ dan Aditya Maha Putra.S.Pd menurunkan tulisan   mengenal bumi sekepal tanah dari Syurga .Negeri sekepal “tanah surga”, demikianlah ungkapan yang sering digunakan untuk menggambarkan kekayaan alam Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Tanahnya subur, udara yang sejuk, keindahan alam dan keragaman budaya nan eksotik merupakan sumber daya yang sangat potensial terutama dalam sektor pengembangan bisnis pariwisata.

Kondisi alamnya yang masih sangat alami karena sebagian besar wilayah Kabupaten Kerinci merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), daerah ini dikelilingi bukit barisan. Bila dilihat dari ketinggian, maka Kabupaten Kerinci yang dulunya termasuk wilayah Sumatera Barat dengan nama Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci(PSK) itu akan tampak seperti kawah atau kuali.

Dari sisi administrasi wilayah, Kabupaten Kerinci berbatasan langsung dengan beberapa provinsi, kabupaten dan kota, yaitu: Sebelah Utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat,Sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dan Kabupaten Muko-Muko Provinsi Bengkulu

Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi; Dan sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat dan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.

            Kabupaten Kerinci merupakan salah satu kabupaten yang secara administrasi wilayah menjadi bagian dari wilayah Pemerintahan Provinsi Jambi, dimana secara astronomis berada di perlintasan transportasi darat utama yang menghubungkan antara Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, dari aspek geografis Kabupaten Kerinci terletak diantara 01°41’ Lintang Selatan sampai dengan 02°26’ Lintang Selatan dan diantara 101°08’ Bujur Timur sampai dengan 101°40’ Bujur Timur.

Selain itu, secara umum wilayah Kabupaten Kerinci dapat dikelompokkan dalam beberapa satuan morfologi yaitu dataran, perbukitan yang bergelombang halus sampai perbukitan sedang dan pergunungan.

Dari bentuk morfologi dan penyebaran batuannya terlihat ke arah Utara akan dijumpai morfologi yang lebih tinggi yaitu morfologi perbukitan bergelombang sampai pergunungan, yang diikuti dengan variasi dan berbagai jenis batuan. Sedangkan ke arah Selatan dijumpai morfologi dataran rendah dengan jenis batuan yang relatif sejenis.

            Secara tofografi, wilayah Kabupaten Kerinci merupakan daerah pegunungan yaitu terletak di gugus Bukit Barisan dengan bentangan wilayah dari Gunung Kerinci sampai ke Gunung Raya, yang berada pada ketinggian 500-3805 m dpl, yang beriklim tropfis dan berhawa sejuk, dengan suhu rata-rata berkisar 22 derajat Celcius, serta memiliki karakteristik wilayah yang bergelombang, dengan dominasi perbukitan dan membentuk enclave yang sangat luas, yang sebahagian besarnya ditutupi hutan lebat yang alami

Ketinggian lahan di wilayah Kabupaten Kerinci bervariasi, berupa perbukitan dan pegunungan. Sekitar 45,89 persen wilayah terletak pada ketinggian 1.000-1.500 mdpl dengan luas 152.757 Ha, sekitar 0,25 persen wilayah atau seluas 848 Ha berada pada ketinggian di atas 2.500 mdpl, dan sekitar 1,06 persen wilayah atau seluas 3.535 Ha berada antara 0-500 mdpl.

Secara geologi, struktur dan karakteristik Kabupaten Kerinci berada dalam sistem patahan (sesar) Sumatera yaitu sesar semangko yang membelah pulau Sumatera menjadi dua bagian mulai dari Lampung sampai Aceh.

Sebagian besar (98,44 persen) wilayah Kabupaten Kerinci merupakan daerah pegunungan yang membentang dari Gunung Kerinci sampai Gunung Raya yang berada pada ketinggian 500 mdpl-3.805 mdpl merupakan bagian dari bukit barisan.

Kemudian sekitar 81,22 persen wilayah terletak pada ketinggian di atas1.000 m dpl. Selain itu Kabupaten Kerinci terletak di daerah dataran rendah 500-1.000 m dpl seluas 72.246 Ha (17,20 persen) berketinggian antara 500-1.000 m dpl, dengan rata-rata curah hujan per tahun yang cukup tinggi.

Secara hidrologi Kabupaten Kerinci mempunyai potensi sumber daya air yang sangat melimpah, karena letaknya yang berlokasi di dataran tinggi dengan kondisi topografi pergunungan dan hutan lebat, disertai beberapa alur sungai dan anak sungai.

Sebagian aliran sungai dan anak sungai bermuara ke Danau Kerinci, kemudian mengalir melalui Sungai Batang Merangin sampai ke pantai timur Jambi.

Selain bermuara di Danau Kerinci, sebagian dari sungai ini mengalir ke Sumatera Barat seperti Sungai Air Terjun ke Kabupaten Solok Selatan dan Sungai Batang Sako ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebagai gerbang utama arus ke luar deposit air dari Danau Kerinci, Sungai Batang Merangin merupakan sungai terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci.

Beberapa sumber daya alam potensial yang dimiliki Kabupaten Kerinci, seperti air terjun Telun Berasap, air terjun Pulau Tengah, air terjun Sungai Medang yang memiliki tujuh tingkatan, air terjun Pendung, air terjun tiga beradik Kumun, sumber pemandian air hangat Sungai Medang, air hangat Gaung di Semurup, Danau Kerinci, Danau Lingkat, perkebunan teh PTPN VI Nusantara Kayu Aro yang disebut-sebut sebagai perkebunan teh terluas di Asia Tenggara,panorama alam bukit barisan, Bukit Kayangan Bina Karya, Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Sumatera, serta Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia tenggara.

Betapa eksotik, betapa menakjubkan. danau di atas gunung, danau yang dikelilingi tujuh gunung. Dan masih banyak lagi potensi alam yang tidak bisa disebutkan satu persatu

Khusus dua objek wisata terakhir tentu tidak asing lagi terutama bagi mereka yang menyebut diri pecinta alam, serta bagi mereka yang menyukai petualangan.

Tidak hanya potensi alam, daerah ini juga memiliki keunikan dan keberagaman budaya daerah yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan asing untuk datang berkunjung ke daerah yang kerab disebut Sakti Alam Kerinci

Diantara bentuk kesenian khas suku Kerinci, adalah seni tale (bersenandung) dan tradisi kunoun (tutur). Ada juga pertunjukan seni budaya megalitik sastra mantra, pantun, seloko, pno, dan tambo. Kemudian tari-tariannya yang unik dan mengandung magis, sebut saja tari asyik, tari iyao-iyao, tari rangguk, tari mandi taman, tari niti mahligai yang membuat penarinya kerasukan, upacara adat Kenduri sko atau kenduri pusaka yang digelar dalam rentang waktu lima tahun hingga duapuluh tahun sekali, dan masih banyak lagi macam kesenian serta ritual adat yang dapat dijadikan atraksi dalam mendukung pengembangan sub sekotor kepariwisataan di alam Kerinci

Selain itu, Kabupaten Kerinci juga dapat dijadikan pusat studi sejarah dan penelitian dunia, karena peradaban di Kabupaten Kerinci termasuk yang tertua.

Hal ini terindikasi dari beberapa penemuan fosil yang perkiraan usianya sudah sangat tua serta temuan artefak peninggalan zaman megalitikum.

Di daerah ini juga terdapat banyak naskah kuno, aksara incung yang merupakan aksara asli Kerinci, benda-benda peninggalan sejarah, situs-situs budaya, serta cerita-cerita rakyat tentang makhluk hidup yang tinggal di rimba-rimba pegunungan, penduduk pribumi menyebutnya uhang pandak atau orang pendek dengan telapak kaki terbalik.

Cerita ini telah menarik perhatian para peneliti dunia. Bahkan ada di antara mereka yang betah tinggal bertahun-tahun di Kabupaten Kerinci karena sangat ingin melihat langsung wujud Uhang Pandak yang legendaris itu.

Pesona wisata budaya dan wisata alam di Sakti Alam Kerinci telah di kenal luas di nusantara dan mancanegara, bahkan di kalangan peneliti budaya alam Kerinci meupakan surga untuk penelitian kebudayaan dan peradaban umat manuia

Pemerintah Daerah memahami betul potensi dan pesona Sakti Alam Kerinci, Sejak 15 tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Kerinci secara rutin mengadakan “Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK)” setiap tahunnya

Namun kegiatan ini belumlah cukup untuk mempromosikan pariwisata Kerinci meskipun banyak wisatawan dari luar daerah yang datang untuk menyaksikan kegiatan ini.

Mesti diakui bahwa kegiatan promosi wisata alam dan budaya di alam Kerinci selama ini belum dilakukan secara optimal ,kedepan kegiatan mempromosikan potensi wisata alam dan budaya Kerinci perlu dilakukan secara kontiniu dan dibarengi dengan usaha mengembangkan pariwisata itu sendiri.

Selama ini faktor lain yang menjadi penghambat perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Kerinci adalah pengelolaan tempat wisata yang belum profesional serta belum optimalnya upaya pemerintah dalam membenahi dan menata infrastruktus di setiap destinasi wisata,para penggiat wisata dan kebudayaan mengakui bahwa pengembagan Pariwisata dan Kebudayaan di alam Kerinci dapat mendukung perekonomian daerah karena adanya multiplier effects of tourism.

Kedepan Pemerintah Daerah secara bertahap dan terencana   mesti membuat kebijakan untuk membangun infrastruktur yang dapat mendukung pariwisata itu sendiri, seperti akses jalan yang menjadi penghubung Kota Serambi Madinah ini dengan dunia luar.

Faktor yang selama ini dianggap menjadi kendala dalam pembangunan dunia kepariwisataan di alam Kerinci karena sarana infrastruktur jalan yang menghubungkan dari dan ke alam Kerinci belum memenuhi standart kualitas jalan, beberapa tahun terakhir ruas jalan jalan-jalan di alam Kerinci (Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh) yang berlubang dan bergelombang mulai dilakukan perbaikan,demikian juga dengan ruas jalan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan ibu Kota Propinsi Jambi dan dengan Kabupaten tetangga di Propinsi Jambi telah mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas

Kedepan melalui dana APBN dan APBD Tingkat I ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan provinsi Sumatera Barat,dan Bengkulu terus diperjuangkan untuk ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas jalan menuju destinasi wisata yang ada di alam Kerinci.

            Selain itu, sarana akomodasi hotel dan restoran,serta berbagai elemen penting pariwisata yang selama ini masih sangat minim perlu dilakukan pembenahan dan pengelolaan yang lebih profesional

Untuk merawat dan melestarikan aset kebudayaan Suku Kerinci, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui dana APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik sejak 2013 membangun Musium kebudayaan Sakti Alam Kerinci di kawasan wisata Danau Kerinci .      Dengan mengetahui berbagai faktor penghambat perkembangan dunia pariwisata di Kabupaten Kerinci, setidaknya dapat kita temukan solusi yang tepat agar bisnis pariwisata di Kabupaten ini bisa mencapai target yang diinginkan.

            Untuk itu, sangat diperlukan kerja sama yang baik dari seluruh pelaku pariwisata dan pemerintah Kabupaten Kerinci, serta seluruh unsur yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung seperti masyarakat setempat.

            Pemerintah harus terus melakukan perbaikan terhadap elemen pariwisata seperti mengelola tempat wisata dan mengembangkan pariwisata secara profesional dan konsisten, melatih para pelaku pariwisata agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap wisatawan, menyediakan sarana akomodasi dan restoran, membangun infrastruktur seperti perbaikan badan jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan dunia luar, serta terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah.

Kita sama sama berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama wisata alam dan Kebudayaan di bumi Sakti Alam Kerinci akan dikenal luas dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara dan domestik, dan untuk mengenal lebih dekat potensi alam di Sakti Alam Kerinci penyusun menyusun sebagian destinasi wisata yang ada di alam Kerinci yang meliputi dua daerah otonum Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

 

Taman Nasional Kerinci Seblat Paru Paru Dunia

Potensi Alam dan di Bumi Alam Kerinci yang meliputi Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci sebagian besar berada dalam bagian Taman Nasional Kerinci Seblat ( TNKS yang merupakan aset nasional dan internasional yang memiliki nilai sangat strategis untuk keberlansungan pelestarian keanekaragaman hayati serta dalam mendukung embangunan yang berkelanjutan.

Didalam kawasan di alam Kerinci yang termasuk dalam bagian Taman Nasional Kerinci Seblat terdapat berbagai jenis Flora dan Fauna langka yang dilindungi ,misalnya Badak Sumatera,Kambing hutan, Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Bunga Bangkai, Bunga Raflesia

Kondisi bentang alam yang bergunung gunung dengan curah hujan yang tinggi menjadikan daerah ini sebagai daerah tangkapan air yang sangat penting bagi dataran rendah di 4 (empat)Propinsi di Sumatera yang meliputi Propinsi Jambi,Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu

Paling sedikit lebih 12 Juta lahan pertanian produktif yang berada di empat propinsi ini sumber airnya sangat bergantung pada kelestarian hutan di kawasan ini.Sebagian besar kawasan merupakan rangkaian gunung api yang masih aktif maupun yang tidak aktif dengan beberapa puncak diatas 2.500.mdpl.Puncak tertinggi adalah Gunung Kerinci (3.805mdpl) yang juga merupakan titik tertinggi di Pulau Sumatera.

Dikawasan yang termasuk Taman Nasional Kerinci Seblat maupun yang berada di luar zona kawasan TNKS terdapat ratusan potensi wisata alam termasuk keanekaragaman Flora dan Fauna langka dan berbagai situs situs prasejarah.

Potensi wisata alam yang berada di dalam dan di luar kawasan TNKS yang berada di alam Kerinci (Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh ,antara lain adalah:

 

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, tingginya mencapai 3.805.m.dpl,cekungan kawahnya dari sisi ke sisi berukuran600 x100 meter dengan daerah lava aktif yang berwarna hijau kekuning kuningan seluas 120×100 meter,Suhu udara di daerah puncak berkisar antara 5 derajat-10derajat Celcius, bahkan kadang kadang dapat mencapai di bawah O derajat C.

Gunung Kerinci merupakan gunung api tertinggi di Pulau Sumatera dan paling ramah di Dunia.dipuncak gunung terdapat berbagai Flora Langka, dan salah satu diantaranya puncak gunung ini ditumbuhi Bunga”Edhelwies”

Dikaki gunung Kerinci merupakan kawasan pertanian holtikultura dan sayur mayur,dan merupakan kawasan hamparan perkebunan teh terluas didunia dan tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki pegunungan Himalaya.

 

Danau Kerinci

            Danau Kerinci merupakan Danau terbesar yang terdapat di Alam Kerinci, kawaasan Danau ini secara geofrafis berada di wilayah “Kerinci Hilir” memiliki luas 4.200Hektar. dilokasi ini para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Danau yang mengharu biru,dan bila senja menjelang malam panorama alam sansangat menawan dengan pemandangan “Sunset”.

Pada Malam hari wajah danau dipenuhi kerlap kerlip lampu nelayan memasang alat perangkap menangkap ikan sejenis “Lukah”menjelang subuh puluhan perahu nelayan merapat ketepi danau membawa ikan hasil tangkapan. Sejak era Bupati Kerinci dijabat H.Fauzi Siin (kurun waktu 15 tahun yang silam kawasan wisata Danau Kerinci ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pusat event Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci FMPDK).

Disekitar pinggiran danau terutama di kawasan Sanggaran Agung, Tanjung Batu,Jujun hingga ke Pulau Tengah terdapat rumah makan dengan menu khas ikan danau. Salah satu ikan yang paling digemari masyarakat dan wisatawan adalah jenis ikan yang disebut “Ikan Semah”.

Disamping menikmati masakah ikan danau,pengunjung juga dapat memesan masakan Sop rimis /Keciput / tengkuyung sejenis lokan khas danau Kerinci dan Sungai Batang Merangin

 

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh adalah Danau Vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi dimasa lampau.Danau ini berada pada ketinggian 1.960.mdpl berukuran panjang 4,5Km dan   lebar 3 Km yang dikelilingi oleh 7 buah gunung dengan puncak ketinggian gunung tersebut   2.732.Meter.mdpl

Kondisi bentang alam dan keunikkan danau yang sangat indah ini digunakan   sebagai nama danau dan kelompok hutan ini.kawasan Danau gunung ini merupakan salah satu     sentra sumber keanekaragaman hayati TNKS yang menyimpan dan tempat berlindung berbagai   jenis tumbuhan dan satwa liar serta memiliki Fenomena alam nan aduhai indahnya

Oleh para ilmuawan/peneliti dalam dan luar negeri kawasan ini merupakan   surga bagi para peneliti yang     melakukan penelitian flora,fauna dan kawasan ini sangat cocok dijadikan sebagai Laboratorium alam dan menjadi salah satu pusat kunjungan wisata terdepan untuk abad mendatang, Didalam   kawasan wisata danau gunung tujuh ini juga terdapat air terjun disamping keberadaan danau itu sendiri

Di wilayah ini terdapat destinasi wisata alam yang terbentang dari sekitar bukit Tapan,Gunung Raya,Gunung Belerang,Air Terjun Pancuran Rayo,Air terjun Pancuran Gading,Danau Duo,Danau Nyalo dan berbagaia objek wisata lainnya,para   pengunjung juga dapat menikmati panorama alam Bukit Tapan dan pengunjung juga dapat menikmati keheningan alam di Air terjun Pancuran Rayo.,Air terjun pancuran gading

 

Gunung Belerang

Dikawasan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat juga terdapat Gunung Belerang, kawasan ini terdapat   Grao Sikai,Air Terjun Batang Lolo dan hutan salak,dipuncak Gunung Kunyit terdapat Lembah Taman Dewa dan menyaksikan Belerang Gunung Kunyit.

Dikawasan ini pengunjung dapat menyaksikan panorama Sunset atau Sunrise diatas hijaunya hutan belantara yang luas   menghampar kearah Propinsi Bengkulu pemandangan alam nan elok rupawan dan kilauan air     telaga Dewa merupakan pemandangan alam yang    sungguh aduhai eloknya

Untuk mengunjungi kawasan ini hanya dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki selama 7 jam menuju kearah   puncaknya melalui Desa Talang Kemuning Kecamatan Gunung Raya.

 

Wisata alam Gunung Raya           

Di Kecamatan Gunung Raya juga terdapat sebuah gunung yang memiliki hutan belantara yang masih rimbun dan panorama alam serta tanaman casiavera,kopi dan berbagai macam pepohonan yang langka,

Dikawasan ini terdapat beberapa lokasi air terjun, dan dari Lempur Kecamatan Gunung Raya pengunjung dapat menerus kan perjalanan menuju daerah Renah Kemumu daerah Serampas Kabupaten Merangin, yang memiliki daerah semburan air panas (grao)yang mencapai semburannya mencapai 15 meter,semburan air panas ini mengalir ke sungai sungai yang membentuk sungai air panas yang uniek dan terpanjang di dunia

Untuk menuju kawasan ini hanya dapat berjalan kaki dari desa lempur Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci kearah tenggara menuju wilayah Kabupaten Merangin atau melewati Desa Tanjung Kasri ke Desa Renah Kemumu Kabupaten Merangin.

Didalam kawasan ini masih banyak terdapat flora dan fauna langka dan dimasa perjuangan kawasan ini termasuk daerah gerilya bagi para pejuang yang dipimpin Panglima Perang alam Kerinci Depati Parbo,dkk Di kawasan Gunung Raya Kabupaten Kerinci hingga daerah Renah Kemumu -Serampas Kabupaten Merangin masih memiliki hutan Primer yang masih lebat

Potensi wisata di alam Kerinci tidak hanya berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, akan tetapi tersebar hampir diseluruh kawasan dusun dan disetiap kecamatan dalam wilayah alam Kerinci.

Di dunia ini hanya alam Kerinci yang memiliki Flora/tanaman langka. kayu pacat (Harpulia) pohon kayu yang memiliki warna menarik dan di alam Kerinci juga terdapat jenis tanaman yang basah namun mudah terbakar yakni dikenal dengan nama kayu Sigi   dan Vinus Strain Kerinci

13

Air Terjun Telun Berasap.

Destinasi air terjun telun berasap berada di kawasan paling barat Kabupaten Kerinci yang berbatasan dengan Propinsi Sumatera Barat dan berada tidak jauh dari kaki gunung Kerinci, Untuk mengunjungi objek wisata alam air terjun telun berasap pengunjung dapat menggunakan kenderaan roda dua dan roda empat dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan dari Kota Sunga Penuh atau sekitar 1 Jam perjalanan dari Bukit Tengah ibu kota Kabupaten Kerinci

Sumber air terjun ini berasal dari Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian lebih kurang 50 m. Wisatawan domestik dan wisatawan asing banyak yang mengunjungi tempat ini. Butiran-butiran uap air yang menyerupai asap pelangi yang berwarna indah tatkala matahari memantulkan sinarnya menghiasi air terjun ini, hal ini membuat air terjun telun berasap sangat menarik. Untuk mencapai lokasi terdekat harus melalui tangga yang telah ditata dengan baik.

Disekitar objek wisata air terjun telun berasap para pengunjung dapat menyaksikan gunung Kerinci yang tinggi menjulang dan aktifitas kegiatan pertanian yang dilakukan oleh para petani peladang yang melakukan kegiatan aneka pertaian holtikultura seperti kentang dan aneka sayur mayur produk dataran tinggi

Dilokasi objek wisata ini pengunjung akan   melewati tangga jenjang seribu yang mengitari kawasan wisata ini hingga ke lokasi pondok istirahat yang berada 250 meter dari gapura pintu masuk objek wisata ini.

Objek Wisata Air Terjun Telun berasap merupakan salah satu destinasi wisata andalan pariwisata di Propinsi Jambi, memiliki panorama alam yang aduhai indahnya, didasar jurang terlihat gemercik air yang jatuh dari ketinggian ,dan air itu yang mengalir disela sela bebatuan besar yang terususun secara alamiah di dasar jurang .

 

Pantai indah Koto Petai

Objek ini berada di Desa Koto Petai Kecamatan Danau Kerinci. Objek ini merupakan daerah tepian Danau Kerinci dengan hamparan pasir putih yang menawarkan keindahan. Pemandangan yang indah mengarah ke Danau Kerinci dengan aktivitas nelayan merupakan keunikan tersendiri.

Objek ini mudah dicapai dengan kendaraan roda dua dan roda empat karena jalan telah diaspal hetmik. Disekitar kawasan terdapat ladang masyarakat yang dikenal dengan Tanah Cugok (tanah yang tinggi) dan daerah ini cukup baik untuk dibangun hotel ataupun padang golf.

 

Permadani hijau di Kebun teh Kajoe Aro

Secara historis usaha perkebunan Teh Kayu Aro mulai di buka tahun 1925 sampai dengan tahun 1928.pekerja dan dilaksanakan oleh NV. H V A. Bibit tanaman teh mulai ditanah tahun 1929 dan mengingat tanaman teh mulai menghasilkan pucuk pucuk yang berkhawalitas maka pada tahun 1932 Perusahaan NV. H V A ( Namlodse Venotchhaaf Handle Veriniging Amsterdam) mendirikan Pabrik,dan sejak mulai berproduksi kebun teh Kayu Aro menghasilkan jenis Teh hitam ( Orthodoks )

Kebun teh Kajoe Aro telah memproduksikan teh kering CTC disamping mempertahankan teh kering/jadi orthodox Teh hasil proksi kebun Kayu aro di eksport melalui Pelabuhan eksport Via Pelabuhan Belawan,sedangkan Pelabuhan Teluk Bayur-Sumatera Barat adalah gudang transit dan Pelabuhan eksport via Tanjung Periuk.

Untuk menunjang program Pembangunan sub sektor Pariwisata di Propinsi Jambi khususnya pengembangan industri wisata di alam Kerinci, pihak perusahaan ikut berperan dengan menjadikan perkebunan dan pabrik pengolahan teh yang ada di dalam kawasan unit usaha Kayu aro sebagai kawasan agro wisata dan wisata sejarah

Khusus untuk peminat wisata sejarah dapat secara lansung mengunjungi Pabrik yang beraksitektur peninggalan Belanda dan industri pengolahan teh Kajoe Aro

PTP.Nusantara 6 Kebun Kajoe Aro telah membangun fasilitas rekreasi bernuansa alami “Aroma Peco “ditengah tengah lokasi perkebunan teh dengan melengkapi sarana prasarana wisata alam,dan dari kawasan wisata ini pengunjung dapat menyaksikan indahnya panorama alam Gunung Kerinci(3.805.mdpl ) yang menjulang tinggi dengan awan awan putih yang berarak rapi,jika cuaca baik pengunjung dapat menyaksikan Gunung Kerinci secara utuh pada pukul 9.00.Wib pagi hingga siang hari,akan tetapi jika cuaca mendung dan hujan Gunung Kerinci ditutupi awan.

Keindahan alam di kawasan Gunung Kerinci memang mempesona dan sungguh menawan,para wisatawan yang mengunjungi kawasan ini selain dapat menyaksikan hamparan daun teh bak permadani Hijau terhampar luas sasayup mata memandang

Disepanjang perjalanan para wisatawan juga dapat menikmati panoramaperkebunan rakyat yang ditumbuhi tanaman casiavera yang berbaris baris, kemilau pucuk pucuk casiavera yang memerah ranum menambah keindahan bumi sekepal tanah dari surga.

There are no comments yet

    ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful