Kerinci

Jihad Santri Jayakan Negeri

Hari Santri Nasional 2023

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Memperingati hari santri nasional Dr. H. Asy’ari Husein, M.Ag dan Kepala Kemenag Kabupaten Kerinci H. Pahrizal membuka Kemandirian Expo Tahun 2023 dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” untuk mengenang perjuangan para santri dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bertempat di Kampus IAIN Kerinci tujuan Kemandirian Expo Tahun 2023 memperkenalkan segala bentuk kerajinan dan berbagai lomba antar Madrasah Ibtidaiyah, Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah yang ada Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali peran besar santri dalam memajukan bangsa dan negara. Santri tidak hanya dikenal sebagai pejuang agama, tetapi juga sebagai pejuang bangsa. Mereka telah berkontribusi besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi.

Baca juga:  Malam Gerimis di Kediaman Monadi

Saat diwawancarai, Rektor IAIN KERINCI Dr. H. Asy’ari Husuen., M.Ag menyampaikan tujuan Expo maksud mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual, karena para santri adalah pahlawan pendidikan dan pejuang kebodohan, terutama di era transformasi digital saat ini.

Lebih lanjut, Rektor Asy’ari juga mengingatkan bahwa semua para santri juga memiliki andil besar untuk senantiasa aktif ikut berkontribusi dalam memajukan negeri ini. Terlebih dalam mewujudkan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

“Mari kita bergandeng tangan, bersama-sama berjuang membangun kejayaan negeri ini dengan semangat jihad intelektual, khususnya untuk melakukan jihad melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” sebutnya.

Baca juga:  Rokok Ilegal Tembilahan Banyak Beredar di Kerinci

Terpisah Kepala Kemenag Kerinci H.Pahrizal mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang bisa melihat acara expo kemandirian santri, dan berharap semoga silaturahmi kita para santri dari berbagai pospes yang ada di Kerinci dan Sungai Penuh tetap terjaga dan lebih mengadah bakat untuk pendidikan agama kedepannya.
” Semoga santri yang mengikuti expo ini, bisa menjalin silaturahmi antar santri di pospes lainnya dan belajar berbagi ilmu agama antar santri, ” sebut Kemenag Pahrizal. (ega)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button