Kerinci

Manuver Politik Ala Bupati Merangin Al Haris

Lima kepala daerah terus mengumbar mesra menjelang Pilgub Jambi 2020 mendatang

Kerincitime.co.id, Berita Kerinci – Dari sebuah penginapan elit, lima bupati itu bergerak semobil ke lokasi acara di Lapangan Sepakbola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI Kayu Aro, Sabtu 14 September 2019. Dikemudikan Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto, duduk disebelahnya bak seorang navigator Bupati Muaro Jambi Masnah Busro. Sementara tiga bupati berhimpitan di kursi bagian tengah. Bupati Merangin Al Haris dan Bupati Kerinci Adi Rozal duduk mengapit Bupati Bungo, Mashuri.

“Hai guys…Kami lima bupati nih. Ada Bupati Tanjab Timur, ada Bupati Bungo Bang Mashuri, ada Bupati Merangin bang Haris, Bupati Kerinci bang Adi Rozal. Yuhuuu mantap…,”tutur Masnah Busro dalam video yang diterima Jambi Link.

“Doain sukses ya,”timpal Romi Haryanto.

Bukan kali ini saja lima pucuk pimpinan daerah itu mengumbar mesra. Ba’da lebaran, mereka menggelar acara serupa di Kabupaten Bungo. Pertemuan bahkan sengaja di helat ketika Gubernur Fachrori menggeber halal bihalal Forum Jambi Barat di Ratu Convention Center, Kota Jambi. Kala itu, Masnah Busro memang Absen.

Baca juga:  Baru Saja Dikerjakan, Jalan Nasional Sungai Penuh – Letter W Sudah Berlobang dan Retak-retak

Al Haris, Bupati Merangin ditengarai menjadi inisiator di balik konsolidasi para kepala daerah itu.

Persiapan Pilgub?

Sejumlah sumber yang diwawancara Jambi Link menyebut lima kepala daerah itu berniat mendorong Mantan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus berlaga kembali di ajang Pilgub mendatang. Mereka sengaja membentuk poros baru diluar nama-nama yang sudah ramai beredar, seperti petahana Fachrori Umar, Cek Endra, Asafri Jaya Bakri, Fasha dan Safrial.

Bahkan, dalam barisan itu, mulai muncul sejumlah istilah, misalnya ABF–Asal Bukan Fasha. Muncul pula istilah asal bukan Fachrori dan asal bukan Cek Endra (ABC).

Setelah gagal meyakinkan HBA pada pertemuan perdana, mereka mulai mencari alternatif lain. Silaturahmi kedua di dataran tinggi Kerinci itu bersepakat mengusung nama Haris sebagai pengganti HBA.

“Saya dan Bu Masnah tidak maju Pilgub. Kami akan memberikan dukungan kepada salah satu yang ada disini,” ujar Romi Haryanto, Bupati Tanjab Timur bernada senyum.

Dilansir jambilink.com Romi–begitu dia disapa–, memang tak secara terang menyebut nama Haris. Tapi, diantara lima kepala daerah itu, hanya Haris dan Adi Rozal yang sudah menjabat bupati dua periode. Merekalah yang paling memungkinkan ikut berlaga. Sedangkan Romi, Masnah dan Mashuri baru satu periode menjadi Bupati. Mereka pun masih akan berlaga sebagai bupati pada periode berikut.

Baca juga:  Bukan Hanya di Kayu Aro, Ternyata Ada Puluhan Titik Jalan yang Retak dan Berlobang

“Adi Rozal tidak maju. Mereka sepakat mendorong Haris,”kata salah satu pejabat Merangin di lokasi acara.

Mengenakan kopiah putih dipadu setelan hitam-putih, Bupati Merangin Al Haris mendadak nongol di markas Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Jambi, Rabu petang, 11 September 2019. Beranjangsana ke markas partai moncong putih, Haris mengambil formulir penjaringan calon gubernur.

“Saya resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon gubernur dari PDIP,”ujar Haris, politisi Golkar itu.

Haris mengklaim mengambil formulir calon gubernur, bukan wakil gubernur.

“Sebagai bakal calon gubernur,”ujarnya.

Pertemuan Kerinci digelar hanya berselang dua hari pasca Haris mendatangi markas PDIP.

Haris memang masih tercatat sebagai Ketua DPD II partai Golkar Merangin. Semestinya, Haris berlaga menggunakan perahu Golkar. Tapi, ia sadar, bakal kesulitan menggunakan perahu beringin. Karena, beringin kini tengah dibidik dua kader Golkar lain, Cek Endra dan Sy Fasha.

Baca juga:  Tim TPCU Temukan Aktivitas Perambahan Hutan Illegal di Kawasan TNKS

Ogah ngoyo memakai perahu golkar, Haris nekad berbelok ke PDIP.

Dikonfirmasi ulang Jambi Link lewat pesan aplikasi Whatsapp, Haris berdalih,

“Abang jalani bae dulu. Mengikuti langkah kaki ini. Mudah-mudahan Allah SWT menuntun langkah kaki ini dan tetap dalam ridhonya,”ujarnya.

Seusai pertemuan di kayu aro, Haris tak langsung pulang. Ia masih bergeliat di Kerinci. Duduk bersebelahan dengan dai kondang Riza Muhammad, Haris diboyong Adi Rozal hadir di acara tablig akbar. Sepekan sebelumnya, Haris sukses mengumpulkan massa di lapangan KONI Merangin. Dibalut acara tablig akbar, Haris menggalang massa lewat kemunculan artis muda yang tengah naik daun, Nissa Sabyan.

Haris tentu tidak main-main dan pasti punya agenda politik di balik penggalangan massa itu. Apalagi ia benar-benar sudah mengambil formulir pendaftaran cagub ke PDIP. Sebagai putra kesayangan, Haris diklaim memperoleh restu HBA, Mantan Gubernur Jambi itu.(red)

 

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close