Muara Tebo

Ruas Badan Jalan Padang Lamo di Tebo Ambrol

Kerincitime.co.id, Berita Muara Tebo – Ruas jalan padang Lamo di Dusun Tanjung Kirai, Desa Punti Kalo Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo ambrol dan longsor. Kini badan ruas jalan provinsi itu hanya tersisa 1 meter yang bisa dilewati. Kondisi ini membahayakan bagi pengendara yang melintas.

Sebelumnya, Bupati Tebo Sukandar sempat turun ke lokasi mengecek kondisi jalan yang ketika itu nyaris ambrol. Dia sempat berdiri di tepi ruas jalan tersebut. Usai kunjungan bupati, jalan tersebut  sempat diperbaiki. Tapi hanya menambah pelebaran jalan. Bupan memperbaiki sisi jalan di pinggir Sungai Batang Hari yang nyaris ambrol.

Aris Candra, salah seorang warga setempat membenarkan sebelumnya jalan itu sempat dilebarkan. Sementara sisi jalan di tebing pinggir Sungai yang nyaris ambrol dibiarkan saja. Seharusnya di lokasi tersebut dibuat tanggul penahan tebing sisi jalan yang tergerus air Sungai Batang Hari.

Akibat ambrolnya jalan tersebut, Aris dan warga setempat khawatir, jika sisi tebing jalan tidak segera ditangani, rumah warga di sekitar lokasi bisa ikut ambruk.

“Jalanan utamanya runtuh, dulu diperbaiki melebar bae. Kalau dibiarkan bisa-bisa rumah penduduk sekitar juga ikut rubuh,” katanya.

Dia berharap pemerintah provinsi Jambi segera bertindak. Jangan setelah parah baru dilakukan perbaikan.

“Kini membahayakan. Apalagi kalau melintas dimalam hari,”ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Dapil Bungo-Tebo, Wartono Trian Kusumo mengatakan akan memanggil pihak Dinas PUPR Provinsi Jambi dan Balai Sungai. Menurut dia, di titik longsor tersebut ada dua hal yang harus dikerjakan.

Anggota dewan dari Fraksi PDIP ini mengatakan, sebelumnya memang ada perbaikan berupa pelebaran jalan yang dilakukan oleh Alkal PU Provinsi Jambi. Namun anggarannya kurang. Dengan kekurangan tersebut, bukannya dilanjutkan dengan usulan baru. Tapi  malah dibiarkan.

“Di APBD P sudah kita usul lagi. Tapi belum tau kapan bisa dilaksanakan. Padahal perbaikan jalan tersebut sudah sangat mendesak,” katanya. (Irw)

Sumber: Jambione.com

Show More
Back to top button
>