KerinciPolitik

Sang Pejuang Petani Unggul dalam Survei Pilkada Kerinci 2024

Kedekatan dengan Petani Menjadi Poin Penting

Kerincitime.co.id, Kerinci – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kerinci pada November 2024, hasil survei terbaru menunjukkan Monadi Murasman sebagai salah satu calon bupati yang mendominasi dibanding beberapa kandidat lainnya.

Survei yang dilakukan oleh lembaga survey Indikator dan Voxpol beberapa bulan sebelum pencoblosan ini menempatkan Monadi di posisi terdepan, dengan dukungan yang signifikan dari masyarakat bumi Sakti Alam Kerinci.

Pengamat politik dari Universitas Jambi (Unja), Citra Darminto mengatakan, salah satu keunggulan Monadi diantara kandidat lainnya yakni mengusung slogan ‘Pejuang Petani’.

Monadi kata dia, dikenal sebagai Pejuang Petani, berhasil menarik perhatian masyarakat petani Kerinci. Apalagi masyarakat Kerinci pada kalangan grass root adalah petani.

“Monadi saya nilai memiliki kedekatan yang baik dengan petani, sehingga wajar diantara kandidat lainnya, monadi lebih di kenal di kalangan petani,” katanya.

Bagaimana kandidat lainnya? Menurutnya, kandidat lain ini banyak dari birokrat, pengusaha, dan politikus dan belum banyak dikenal dan belum menyatu dengan kalangan masyarakat yang berada di akar rumput.

Masyarakat Kerinci tentu mempertimbangkan terhadap calon-calon lain, karena selama ini Kerinci telah dipimpin oleh kalangan birokrat, tentu ada yang tidak puas, khususnya masyarakat yang berada di tingkat grass root.

Baca juga:  HP Personil Polres Kerinci Mendadak Diperiksa

“Nah Monadi sebagai salah satu sosok yang maju di Pilkada Kerinci tentu membuktikan dirinya sebagai petani yang pro terhadap petani. Tinggal partai politik pendukung Monadi untuk menggerakkan mesin politiknya dan melakukan pendekatan dengan masyarakat Kerinci melalui program kerja nyata dan pro masyarakat,” sebutnya.

Dosen Fisipol Unja ini juga mengatakan, terkait hasil survey masih ada waktu 6 bulan hingga pelaksanaan Pilkada pada November 2024. Di mana hasil survei masih sangat mungkin berubah dalam kurun waktu tersebut.

Khusus Pilkada serentak, strategi untuk menggaet kekutan kandidat calon gubernur (Cagub) dan Partai Politiik cukup berpengaruh.

“Seperti Pileg misalnya kolaborasi antarcaleg di berbagai tingkatan dapat mempengaruhi suara. Begitu juga nantinya di Pilkada serentak ini, ada paket calon satu dengan lainnya,” ujarnya.

“Saya mengingatkan, dalam survei ada yang Namanya undecided voter dan swing voter. Itu dibuka tidak dalam pengumuman hasilnya. Jumlah pemilih yang belum memutuskan pilihan (undecided voter) dan pemilih yang berubah pilihan (swing voter). Elemen ini kan bisa menentukan juga,” sebutnya.

Baca juga:  Monadi Hadiri Gebyar Suro Sodakoh Hasil Bumi Desa Gunung Labu

Seperti diberitakan sebelumnya, baru-baru ini, lembaga survey Voxpol Center yang telah rampung melakukan survey dan hasilnya telah diekspos dibeberapa media untuk masyarakat ketahui. Namun kali ini, juga terdapat lembaga survey nasional yakni Indikator juga telah merampungkan survey untuk Pilkada Kerinci yang telah dilakukan dari tanggal 19 sampai 28 Mei 2024 di 18 Kecamatan di Kabupaten Kerinci yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk.

Selanjutnya jumlah responden survei ini dilakukan sebanyak 300 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling dengan toleransi kesalahan margin error sebesar lebih kurang 5.8 %.

Namun hasilnya juga tak jauh berbeda dengan lembaga survey Voxpol Center, dimana untuk Indikator, Monadi Murasman juga unggul berada di urutan teratas, dengan jarak yang cukup jauh dari Bacabup lainnya baik untuk 20 Nama, 8 Nama dan hingga mengerucut ke 5 Nama.

Untuk 20 nama Calon Bupati, Monadi unggul jauh dengan angka yang cukup signifikan yakni 28,4 %, sementara bacabup lainnya berada di angka dibawah 10 %, seperti diurutan kedua ada Deri Mulyadi 8,4 %, Boy Edwar 7,5 %, Darmadi 6,0 %, Kumaini 5,0 %, Tafyani Kasim 4,2 %, Ami Taher 2,0 %, Edminuddin 1,5 %, Fadli Sudria 1,5 %.

Baca juga:  Pejuang Petani di Forum Internasional

Selanjutnya dibawah 1 % ada nama Ezi Kurniawan, Salman, Ridzal Jalil, Mul Amri, Yuldi Herman, Irwandri, Asraf, Liz Nurbani, Bentoni, Nazali Lempo.

Ketika mengerucut pada 8 Nama, Calon Bupati Kerinci, Monadi Murasman, dengan slogan pejuang petani juga meraih hasil survey tertinggi yakni pada angka 31,5 %. Diurutan Kedua juga diraih Deri Mulyadi 10,8 %, selanjutnya Boy Edwar 9,1 %, Darmadi 7,4 %, Tafyani Kasim 5,6 %, Bentoni 1,4 %, Ezi Kirniawan 0,8 % dan Mul Amri 0,2 %.

Namun yang paling menariknya, ketika dikerucutkan pada 5 nama Calon Bupati Kerinci. Lagi dan lagi, calon Bupati Darmadi dan Tafyani kasim berada di bawah Deri Mulyadi. Dam Monadi tetap berada diurutan diatas dengan jumlah 34,4 %. Deri Mulyadi 11,7 %, Darmadi 8,0 %, Tafyani Kasim 4,5 %, dan Ezi Kurniawan 0,9 %. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button