InternasionalNasionalOlahraga

Timnas Indonesia Berpotensi Lolos Langsung ke Putaran Kedua Pra-Piala Dunia 2026

Kerincitime.co.id, Berita Olah Raga – Timnas Indonesia berpotensi lolos langsung ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal itu merujuk kepada posisi Indonesia di ranking FIFA.

Pada Senin (1/8), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui Komite Eksekutif sudah menyetujui format kualifikasi untuk Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027. AFC mendapatkan jatah delapan slot ke putaran final Piala Dunia 2026 plus satu slot lewat Intercontinental Playoff.

Jumlah tersebut tak lepas dari penambahan peserta Piala Dunia 2026 dari 32 tim menjadi 48 tim. Sebelumnya, Asia mendapat jatah empat tim lolos langsung ke putaran final serta satu slot lewat Intercontinental Playoff.

AFC juga memutuskan Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan terdiri dari empat putaran yakni putaran pertama, putaran kedua, Kualifikasi Asia (putaran ketiga) dan Playoff Asia (putaran keempat).

Baca juga:  Dibatasi Israel, 50.000 Warga Palestina Berhasil Tarawih di Masjid Al Aqsa

Putaran pertama akan diikuti 22 tim berperingkat 26-47 ranking FIFA zona Asia. Pertandingan akan digelar dengan format home-away dan pemenang anak maju ke putaran kedua.

Di putaran kedua, 36 tim dengan ranking 1-25 Asia akan bertemu 11 pemenang di putaran pertama. Pada babak ini, akan dibagi menjadi sembilan grup yang masing-masing grup berisi 4 tim. Babak ini akan digelar dengan round robin dan format home-away. Dua tim teratas masing-masing grup (18 tim) melaju ke putaran ketiga.

Per Senin (1/8) ini, Indonesia menempati posisi 30 Asia dengan 1019,19 poin. Ini berdasarkan update FIFA pada 23 Juni lalu.

Jika berdasarkan hal itu, Indonesia bakal masuk ke dalam kelompok tim yang harus berjuang dari putaran pertama. Namun, rangkaian Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru akan dimulai pada Oktober 2023. Ini artinya, Indonesia masih berpotensi memperbaiki posisi di ranking FIFA untuk langsung menembus putaran kedua.

Baca juga:  Dibatasi Israel, 50.000 Warga Palestina Berhasil Tarawih di Masjid Al Aqsa

Kans Indonesia untuk langsung ke putaran kedua juga cukup besar. Pasalnya, Indonesia terpaut tak jauh dari ranking 25 Asia saat ini yang ditempati Hong Kong dengan 1061,15 poin.

Ke depannya, Indonesia masih memiliki banyak agenda sebelum Oktober 2023. Pada September 2022, Indonesia dipastikan akan bermain melawan Curacao di FIFA Matchday. Rencananya, pertandingan ini akan digelar sebanyak dua kali.

Kemudian, pada Desember 2022, Indonesia akan berlaga di Piala AFF. Setelah itu, Indonesia akan bermain di putaran final Piala Asia 2023 pada Juni-Juli mendatang.

Tak hanya itu, Indonesia juga bisa memaksimalkan poin lagi di waktu-waktu akhir jika PSSI bisa mendapatkan lawan uji tanding di FIFA Matchday pada September 2023.

Baca juga:  Dibatasi Israel, 50.000 Warga Palestina Berhasil Tarawih di Masjid Al Aqsa

Jika melihat tren Indonesia dalam satu tahun ke belakang, bukan tak mungkin Indonesia bisa menembus posisi 25 Asia untuk langsung lolos ke kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2026.

Pada Agustus 2021, Indonesia berada di ranking 35 Asia dengan 957,05 poin. Ini artinya, dalam waktu satu tahun, Indonesia bisa naik lima peringkat dan penambahan poin sebanyak 62,14 poin. (Irw)

Sumber: Kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button