AdvertorialKerinci

2016 Dishutbun Kerinci Siapkan 150.000 Batang Bibit Sengon Untuk Penghijauan

Peninjauan lokasi bibit sengon
Peninjauan lokasi bibit sengon

Berita Kerinci, Kerincitime.co.id – Tahun 2016 ini Kabupaten Kerinci merekrut 5 kelompok Kebun Bibit Desa (KBD) untuk menyiapkan sebanyak 15.000 bibit bibit sengon, yang akan digunakan untuk penghijauan pada lahan masyarakat dan lingkungan sekolah di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Ada 5 Kelompok Tani yang ditunjuk untuk melaksanakan KBD, yakni Kelompok Tani Simpati Desa Siulak Kecil Hilir Kecamatan Siulak, Kelompok Tani Limau Manih Desa Koto Aro Kecamatan Siulak, Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Senimpik Kecamatan Siulak Mukai, Kelompok Tani Sinar Harapan Desa Hiang Lestari Kecamatan Sitinjau Laut, dan Kelompok Tani Harapan Mekar Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh.

Kadis Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Kerinci Efrawadi, Sp. M.Si didampingi Kabid Bina Hutan Dan Konservasi Alam Sulasmono mengungkapkan bahwa kebun bibit desa merupakan kegiatan pembuatan bibit tanaman kehutanan oleh kelompok tani guna menghasilakan bibit tanaman kehutan yang berkualitas.

Baca juga:  Tronton Milik PLTA Hantam Minibus, Sopir Tewas
Bibit Sengon
Bibit Sengon

Tujuannnya kata Efrawadi adalah membina kelompok tani sebagai penakar bibit tanaman kehutanan, serta menghasilakn bibit tanaman kehutanan berupa bibit sengon dengan target kinerja pada tahun 2016 sebanyak 5 unit dimana setiap unitnya terdari dari 30.000 batang bibit.

“setiap kelompok tani ada 30.000 batang bibit, jadi jumlah keseluruhan adalah 150 ribu bantang bibit sengon tahun ini” ungkap Kadis Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Kerinci Efrawadi, Sp. M.Si didampingi Kabid Bina Hutan Dan Konservasi Alam Sulasmono kepada kerincitime.co.id.

Menurutnya ada untuk penyaluran bibit ada 2 unit yang sudah disalurkan yakni Kelompok Tani Simpati Desa Siulak Kecil Hilir Kecamatan Siulak, Kelompok Tani Limau Manih Desa Koto Aro Kecamatan Siulak.

Baca juga:  Jalan Nasional Rusak dan Berlobang di Koto Keras Belum Diperbaiki
Anggota Kelompok Tani di Lokasi Pembibitan Sengon
Anggota Kelompok Tani di Lokasi Pembibitan Sengon

Sementara 3 unit lagi yakni Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Senimpik Kecamatan Siulak Mukai, Kelompok Tani Sinar Harapan Desa Hiang Lestari Kecamatan Sitinjau Laut, dan Kelompok Tani Harapan Mekar Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh belum disalurkan, mengingat belum cukup umur, diperkirakan satu bulan kedepan sudah bisa disalurkan.

Dijelaskannya untuk penyaluran bibit ada tatacaranya yakni pertama pengujuan permohonan baik kelompok atau perorangan yang ditunjukan kepada kepala dinas kehutan dan perkebunan kabupaten kerinci dengan melampirkan foto copi KTP pemohon.

Kedua disposisi permohonan diteruskan kepada bidang BHKA guna mendapatkan rekomendasi pengambilan bibit yang nantinya dapat mengambil bibit di kebun bibit desa yang ditunjuk. Dan Ketiga permohon dapat mengambil bibit di lokasi KBD yang ada dengan menunjukkan rekomendasi bibit. (adv)

Baca juga:  Habiskan Rp. 5,1 M, Jembatan di Jalan Nasional Dikerjakan Asal-asalan

 

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close