HukumMerangin

Mantan Sekda Merangin Jalani Sidang PK

sekda merangin
DOK HARIAN JAMBI

BERITA JAMBI – Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Merangin, Arfandi terpidana kasus korupsi APBD Merangin tahun 2007, ajukan peninjauan kembali (PK) putusan yang dilakukan oleh Majelis Hakim Tipikor Jambi.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Jambi Mahfuddin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (8/10) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa persidangan telah digelar tadi siang. Mantan Sekda Kabupaten Merangin ini menyampaikan poin-poin yang jadi keberatannya.

“Novum yang diajukan laporan hasil BPK tahun 2007 dan putusan perkara Ayakkudin,” ujarnya.

Dijelaskan, audit BPK disebutkan bahwa uang senilai Rp 5,760 miliar disimpan dalam brankas pemegang kas sekretariat daerah. Dan itu disebut bertentangan dengan dakwaan jaksa penuntut umum. Sedangkan dalam putusan perkara Ayakkudin, di halaman 75, disebutkan bahwa saksi pada 2006 tidak pernah meminjam uang Rp 2,4 miliar ke Lukman dan pada 2007 sebesar Rp 5 miliar lebih.

Baca juga:  Mencekam, Bentrok Dua Massa Ormas di Sukabumi

“Mantan sekda Merangin ini mungkin baru mendapatkan Novum setelah perkara putus, sebelumnya dia belum memiliki,” sebutnya Mahfuddin.

Mahfuddin juga menyebutkan bahwa untuk Proses PK selanjutnya, setelah jaksa membuat kontra memori dan hakim membuat berita acara pendapat, maka keduanya akan dikumpulkan, kemudian berkas dikirimkan ke Mahkamah Agung.

“Setelah berkas dikirimkan nanti MA yang akan memutuskan, apakah menerima atau menolak, tergantung hasil pemeriksaan di MA,” jelasnya.

Mantan Sekda Kabupaten Merangin, Arfandi saat diwawancarai wartawan di gedung Pengadilan Negeri Jambi, mengatakan bahwa dirinya dituduh telah melakukan perbuatan berlanjut dari tahun 2006-2007.

“Memori PK sudah kita masukan minggu lalu, Rabu kita menyampaikan poin-poin yang jadi keberatan,” kata Arfandi

Baca juga:  Rahima Istri Gubernur Jambi Terima Uang Rp. 200 Juta Dari Immanudin

Disebutkan, Majelis Hakim Tipikor Jambi telah menvonis Arfandi dengan hukuman pidana penjara 6 tahun. “Saya sudah menjalani tahanan sudah hampir tiga tahun,” ujarnya. (*)

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close