HOT NEWSNasionalPolitik

Prabowo dan Jokowi Paling Diperbincangkan di Media Sosial

Kerincitime.co.id – Solidaritas Rakyat Peduli Indonesia (Sorpindo) merilis hasil survei perbincangan publik soal capres di media sosial.

Survei itu dilakukan mulai 26 September hingga 26 Oktober 2013, dengan menggunakan sistem Sonar (Social and Online Media Analytic Research) yang merekam pembicaraan di 15 besar situs berita online dan forum internet di Indonesia. Setidaknya ada enam kandidat capres dalam survei ini yaitu Prabowo Subianto, Joko Widodo, Aburizal Bakrie, Dahlan Iskan dan Mahfud MD.
Parameternya adalah suara rakyat dan respon capres tersebut soal enam isu: korupsi, energi, teknologi, pertahanan dan keamanan, internasional dan pangan.
Hasilnya, Prabowo dan Jokowi muncul sebagai tokoh yang paling banyak diperbincangkan di media sosial.

Baca juga:  UAS Gugat Cerai Istrinya

“Perbedaannya, Prabowo lebih dominan di isu nasional dan internasional, sementara Jokowi dominan dalam isu terkait permasalahan lokal di DKI Jakarta,” ujar Ketua Dewan Pakar Sorpindo Agung Suprio di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Minggu (27/10).

Selain kedua tokoh tersebut, posisi selanjutnya diisi oleh Aburizal Bakrie, Dahlan Iskan dan Mahfud MD. Ini dilihat dari keseimbangan respon para capres tersebut terhadap enam isu itu.

“Temuan kami memang ada tokoh yang dominan dalam semua isu seperti Prabowo disusul Aburizal. Namun, ada juga tokoh yang hanya dominan dalam isu tertentu seperti Mahfud MD,” jelas Agung.

Hasil survei itu juga menunjukkan bahwa mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu sangat tinggi dalam isu korupsi tapi hampir tidak ada respon soal Tenaga Kerja Indonesia atau Pertahanan dan Keamanan. Lantaran pada periode survei itu terungkap kasus suap ketua MK nonaktif Akil Mochtar dan Mahfud sering mengomentari kasus tersebut.[wid/RMOL)

Tags

Related Articles

Berikan Komentar Anda :

avatar
  
smilegrinwinkmrgreenneutraltwistedarrowshockunamusedcooleviloopsrazzrollcryeeklolmadsadexclamationquestionideahmmbegwhewchucklesillyenvyshutmouth
  Subscribe  
Notify of
Back to top button

Dapatkan Berita Update "KERINCI TIME" Terbaru Setiap Harinya

Close
Close