ADVPendidikan

IAIN Kerinci Sukses Gelar EXPO Peringati HAB 2022

Kerincitime.co.id, Berita Sungai Penuh – Semangat tahun 2022 diawali IAIN Kerinci dengan kembali menggelar EXPO 2022 IAIN Kerinci yang bertajuk “Transformasi Layanan Umat, Kebersamaan untuk Kejayaan” bertempat di Kampus Utama, Sungai Liuk, Sabtu (8/1).

Event besar yang secara langsung dibuka oleh Rektor IAIN Kerinci, Dr. Asa’ari, M.Ag., ini diawali dengan kegiatan jalan sehat dari titik start Rektorat Kampus Utama, Sungai Liuk hingga Taman Makam Pahlawan Kerinci dan kembali memutar mengelilingi wilayah kampus dan finis di lapangan depan gedung LP2M yang sekaligus menjadi panggung utama.

Gelaran EXPO IAIN Kerinci tahun ini, selain menjadi agenda rutin kampus sekaligus juga dijadikan sebagai perayaan memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama. Selain dimeriahkan oleh bintang tamu Semiotika Band, acara juga menampilkan band dari dosen, Tum Band dan Tari Kreasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Bias Fajar IAIN Kerinci.

Baca juga:  Rektor IAIN Kerinci Serahkan SK PPPK, Semangat Baru Pembangunan Institusi

Selain itu juga, acara ini menjadi event pentup lomba ASPAC ke-1 yang telah terlaksana beberapa pekan lalu. SMA N 1 Kota Sungai Penuh hadir sebagai juara umum pada lomba tersebut, Penyerahan piala penghargaan serta hadiah langsung diberikan oleh Rektor dan Senat IAIN Kerinci. Asa’ari dalam sambutannya mengungkapkan, perayaan rutin EXPO sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kampus pada bidang seni dan budaya. Beliau menekankan bahwa nuansa moderasi beragama dapat diaplikasikan dalam bentuk kesenian dan kebudayaan.

“Itulah indahnya Islam di Nusantara, tidak membuang budaya, tidak menyerang budaya, tidak menghancurkan budaya, tapi mengembangkan islam melalui saluran budaya. Jadi, beragama dan berbudaya itu bisa menyatu dalam sebuah aransemen yang indah sehingga bisa dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia, seluruh umat di Nusantara”, ungkap Rektor.

Selaku ketua panitia, Dr. Ja’far Ahmad, M.Si., menerangkan bahwa rangkaian acara ini merupakan wadah yang difasilitasi kampus untuk memberikan ruang kreatifitas khususnya bagi siswa/i SMA-sederajat dan juga menjadi salah satu kegiatan memperkenalkan Kampus IAIN Kerinci ke masyarkat luas terutama sekolah-sekolah SMA sederajat.

Baca juga:  Abdullah Sani Apresiasi Peran PKK sebagai Garda Terdepan Kesejahteraan Masyarakat

“Dua acara ini disatukan dalam satu rangkaian kegiatan promosi IAIN Kerinci, kita adakan EXPO ini sekalian dengan peringatan HAB dan juga menutup kegiatan ASPAC perdana serta pembagian hadiah. Kita harapkan ini dapat menjadi wadah penyaluran minat dan bakat siswa SMA, MAN, dan sederajatnya. Ini juga kita lakukan sebagai upaya mengenalkan kampus IAIN Kerinci kepada masyarakat luas”, terangnya.

Koordinator lomba ASPAC-1, Muhammad Ridha DS, LC., MA., menyebutkan, lomba ASPAC ini kedepan akan rutin dilaksanakan yang dikhususkan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat dengan cabang dan kategori lomba yang variatif. Event ini diwujudkan untuk memperkenalkan fasilitas dan unit kegiatan seni yang ada di kampus IAIN Kerinci sebagai implementasi visi IAIN Kerinci sebagai kampus Progresif Menjuju Puncak Ilmu Pengetahuan.

Baca juga:  10 Pejabat di IAIN Kerinci Dilantik

“Peserta pada kegiatan ASPAC-1 kali ini diikuti oleh 23 sekolah dengan 4 wilayah yakni Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Solok Selatan. Ini tentunya menjadi salah satu orientasi kampus untuk membawa nama baik institusi kampus IAIN Kerinci ke sekolah menengah atas agar dapat melihat fasilitas kampus untuk mensuport minat bakat mahasiswa yang kuliah di sini. Ini sebagai langkah kita untuk mewujudkan Kampus IAIN Kerinci yang progresif menuju puncak ilmu pengetahuan” tuturnya.

IAIN Kerinci adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh. Kampus yang memiliki tenaga pengajar dan dosen bersertifikasi, berkualitas serta memiliki kecakapan industri 4.0 atau digitalisasi yang seluruhnya didukung dengan fasilitas yang memadai dan lengkap sebagai penunjang proses perkuliahan hingga kegiatan ekstra mahasiswa. Menjadi sebuah pilihan terbaik sebagai tempat belajar dan berdikari untuk bekal masa depan yang menjanjikan. (adv/red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button